Empat hal yang membuat trader gagal - ponda

Breaking

8/23/2016

Empat hal yang membuat trader gagal

Pagi ini seperti biasa saya memulai aktifitas dengan secangkir coklat sambil menganalisa market GOLD, terbersit dihati kenapa ya di masa masa lampau saya termasuk trader yang gagal, meskipun bisa dibilang saat ini belum menjadi trader yang sukses... tapi minimal saya sekarang konsisten tidak deposite lagi.


Dalam perenungan saya ada empat hal yang membuat saya gagal untuk menjadi konsisten :

1. Tidak memiliki system 

Jika kamu memiliki tujuan untuk menjadi trader yang konsisten maka anda harus memiliki system trading yang baik ( simple, clear and ringkas dalam melihat market ). Ingat bahwa menebak market dengan firasat tidak akan membuat kita menjadi trader yang konsisten.

Diawal saya mengenal forex, seperti umumnya saya terjebak pada banyaknya system, bergonta ganti system sepaket dengan indikatornya. Mungkin tidak terlalu salah dengan mencoba system mengingat saya otodidak tanpa seorang pembimbing atau guru, facebook dan google lah guru saya diawal saya mengenal forex.

google adalah guru saya, xixixi.

Ada yang bilang tidak ada system yang salah tapi orang nya yang salah, nah kalimat itu perlu kita pertimbangkan kembali, saya pribadi memilih system berdasarkan rekam jejak, tau kan banyak anak anak alay yang membuat system lalu profit sedikit lalu digembar gemborkan di sosmed. Belum lagi dengan banyak nya modus di dunia forex dengan pamer screenshort profit lengkap dengan grafik nya, ada juga bakul Robot... dodolan robot, ada juga yang menjaring groups untuk dijadikan IB, lengkap sudah permodusan di forex, tidak ada yang salah memang namanya saja usaha ^^. Nah itu semua bertebaran di sosmed, sangat mengganggu bagi pemula untuk mendapat pengajaran yang benar tentang forex.

becarefull modus di forex, xixixi.

Kembali ke rekam jejak, dari berbagai macam trading system yang pernah saya pelajari, saya pribadi memutuskan memakai swing sebagai system saya dalam bertrading, pertanyaannya adalah apakah swing adalah system terbaik ? saya jawab tidak, itu dikembalikan kembali kepada style trader itu sendiri. ( mungkin artikel ini akan ditambahkan link yang membahas tentang style trader )

2. Tidak disiplin


Setelah kamu memilih system dalam trading, tidak disiplin adalah hal yang paling sering membuat trader gagal. Hal yang paling penting adalah membuktikan system yang sekarang sedang kamu pakai dengan disiplin, dengan disiplin kita akan mengetahui probabilitas dari system yang sedang kita pakai, mengapa ? iya dong... kalau kita tidak disiplin dengan rule rule system yang kita pakai.. bagaimana mungkin kita mengetahui system itu bagus atau tidak ? karena anda tidak mengujinya dengan benar.


3. Expektasi yang tidak realistis



Tidak ada hal lain yang membuat saya geli tertawa adalah ketika ada orang/institusi yang mengatakan  dengan modal $100 bisa menghasilkan $100.000 dalam seminggu di sosmed. Apakah itu ada dan benar ? well saya tidak berani menjawab karena saya tidak bisa melakukannya, mungkin itu ada, mungkin dan mungkin tapi saya tidak pernah mendapatkan buktinya, mungkin password investor yang bisa membuktikan keandalan seorang trader.

100 became 100000, ya itu mungkin ada, tapi PASTI dengan menggunakan risk pengaturan lot yang besar dibanding dengan modal nya dan itu tidak akan membuat kita menjadi konsisten. Bisa dikatakan yang mampu melakukan nya adalah orang orang yang berpengalaman atau malah pemula yang melakukannya... xixixi. Are you the beginner ? so do i.. long long long a go.

4. Tidak Sabar




Kesabaran berbanding lurus dengan pengalaman, semakin banyak jam terbang nya semakin matanglah pribadinya. Nah apabila anda mengalami masalah tentang kesabaran dalam bertrading... asahlah terus kemampuan anda, lama lama anda akan mengerti market. Ketauhilah bahwa 30% market trend dan sisanya 70% market tidak trending. Jadi seminggu sekitar 2 kesempatan saja bagi short time untuk masuk dalam pasar, the quality trade setup. Jadi mulailah bersabar, xixixi.


okk, sampai disini saya pikir tulisan ini... ( akan mengalami perbaikan seiring dengan pemahaman saya ) terima kasih.

1 comment:

  1. Anonymous1/14/2017

    Selamat pagi, boleh saya minta kontak anda? bila anda berkenan, saya ingin mendiskusikan kerja sama. Terimakasih

    ReplyDelete